Peluang bisnis pada industry 4.0 dan rahasia kesuksesannya

Perkembangan zaman membuat industri teknologi makin berkembang secara alami. Para inovator selalu mau terus menggali lebih dalam lagi inovasi-inovasi baru dalam rangka permudah kinerja hidup manusia. Pada saat ini, semuanya lagi berfokus kepada revolusi industri 4.0 yang terus didengungkan setiap harinya. Di dalam industri 4.0, seluruh beralih pada arah modern dan sangat teknologi. Semua berharap dari teknologi dan bergantung dari teknologi juga.

Hal inilah yang membuat muncul berbagai peluang bisnis pada era revolusi industri 4.0. Apa saja peluang bisnis yang ditawarkan dari industri terbaru ini? Apakah dapat kasihkan untung yang besar bagi lapisan masyarakat Indonesia? Berikut penjelasannya.

Fintech

Peluang bisnis pertama di era revolusi industri 4.0 ialah Fintech. Sekarang ini, kata ‘fintech’ sudah begitu sering terdengar di telinga masyarakat dunia, termasuk Indonesia, khususnya kalangan menengah ke atas yang melihat berbagai peluang bisnis dari urusan finansial.

Milenial menjadi salah satu target utama dari perusahaan fintech itu sendiri sebab banyak perusahaan fintech yang kasihkan kemudahan dalam pengelolaan keuangan, salah satu hal yang sebetulnya susah buat dilakukan sama milenial. Tidak Cuma itu saja, fintech juga kasihkan kemudahan dalam urusan pembayaran di dalam transaksi jual beli. Hal inilah yang membuat fintech menjadi salah satu bisnis yang begitu sukses di industri 4.0.

Cloud hosting

Peluang bisnis kedua di era revolusi industri 4.0 ialah cloud hosting. Sering melihat penawaran jasa cloud akhir-akhir ini? Itulah yang dijual sama mereka. Cloud ialah salah satu teknik penyimpanan database yang ringan sekaligus mudah diakses.

Pada dasarnya, masyarakat pastinya sudah pernah pakai cloud namun tidak tahu jika itu cloud. Sebut saja Google Drive dan Dropbox, dua cloud yang sangat sering dipakai dalam industri sekarang ini. Itulah yang membuat cloud hosting begitu laku di industri 4.0 sekarang ini sebab begitu berdekatan dengan dunia industri dan proses bisnis.

Bisnis jual beli online

Berikutnya, ada juga bisnis jual beli online yang makin menjanjikan pada era revolusi industri 4.0. Memang bisnis jual beli online sudah besar sejak 10 tahun yang lalu berkat Forum Jual Beli di Kaskus, tapi munculnya berbagai jenis e-commerce di Indonesia membuat para pelaku bisnis kecil-kecilan dapat manfaatkan kehadiran mereka secara maksimal.

Promosi yang tidak mesti digembar-gemborkan serta tidak butuh siapkan biaya operasional yang tinggi membuat bisnis jual beli online makin besar di industri 4.0. Cara pembayaran yang lebih mudah juga ada sekaraign ini. Tidak mesti selalu ke ATM untuk transfer. Cash on Delivery, virtual account sampai berbagai pembayaran lewat perusahaan fintech membuat bisnis jual beli online terus berkembang.

On-Demand service

Peluang bisnis keempat di era revolusi industri 4.0 yaitu On-Demand Service. Tidak perlu bingung kalau asing dengan nama ini sebab sebetulnya on-demand service sering sekali dipakai sama masyarakat. Sebut saja beberapa aplikasi transportasi online. Itulah yang disebut on-demand service. Pada dasarnya on-demand service ialah layanan jasa yang Cuma muncul pada sekitar kita kalau kita inginkannya. Bisnis yang fleksibel inilah yang membuat on-demand service semakin disukai pada dalam industri 4.0.

Kesuksesan pada era sekarang

Era revolusi industri 4.0 ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi informasi dalam seluruh segi kehidupan. Terlebih lagi dalam dunia bisnis dan pemasaran. Kalau dulu pemasaran dilakukan secara konvensional dan promosi melalui media elektronik maupun cetak, kini mulai merambah pada dunia internet. Inilah yang kemudian kita kenal sama istilah internet marketing. Biar anda sukses dalam jalankan internet marketing ini, ada berapa rahasia yang butuh anda coba. Apa sajakah? Simak ulasannya di bawah ini.

Konten yang menarik

Setidaknya sekarang ini konten ialah hal penting dan banyak dilakukan dalam lakukan internet marketing. Jadi dari itu, sebaiknya anda butuh membuat konten yang menarik pada waktu-waktu tertentu. Konten ini dapat berupa video, foto, maupun tulisan menarik soal produk atau bisnis anda pada website.

Meski begitu, ada hal yang butuh diperhatikan sekarang saat membuat konten. Misalnya buat tulisan, anda butuh perhatikan kata kunci. Begitu juga sama postingan foto, perhatikanlah caption atau hashtag yang sering dipakai. Sementara untuk video, biar makin menarik kamu dapat pakai influencer buat tingkatkan ‘daya jual’ bisnis.

Pakai email marketing

Berapa orang banyak yang bilang kalau strategi email marketing ialah cara yang kuno dalam internet marketing. Tapi anda jangan salah, teknik seperti ini nampaknya tetap efektif sampai sekarang. Calon konsumen baru maupun konsumen setia yang bersedia terima info soal bisnis lewat email adalah pangsa pasar yang janjikan.
Email marketing mampu buat tingkatkan awareness maupun engagement konsumen itu buat gunakan produk kamu. Oleh sebab itu, anda dapat menggunakan strategi email blast yang tersusun dan terencana. Lakukan pengiriman email soal tawaran dan promo menarik secara berkala.

Mobile friendly

Internet sekarang ini memang jadi salah satu keperluan pokok untuk setiap orang. Hampir setiap hari atau setiap waktu kita mengaksesnya. Berapa tahun belakangan terjadi perubahan dalam mencari informasi internet. Kalau sebelumnya, kebanyakan orang pakai laptop atau PC kini mulai bergeser pada smartphone.

Baca juga : 3 tips rahasia closing lebih banyak

Hal itu memang dipengaruhi sama tingkatnya pengguna smartphone. Data dari survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebutkan pengguna smartphone di Indonesia capai sekitar 70,96 persen. Tentu ini ialah peluang besar buat pelaku internet marketing dalam menunjang kesuksesan bisnis. Anda dapat membuat aplikasi, pemasaran, atau website yang dapat diakses melalui smartphone (mobile friendly) ini buat menaring calon konsumen baru yang potensial.

Pakai strategi omnichannel

Strategi omnichannel ialah salah satu trend dalam dunia internet marketing yang diprediksi bakal menjadi tren pada tahun 2020 ini. Sebenarnya, strategi ini dapat diartikan sebagai model bisnis lintas channel yang diterapkan perusahaan untuk tingkatkan kenyamanan konsumen. Dalam melakukan strategi ini anda butuh memasarkan produk di suatu website, sampai media sosial bisnis. Selain itu, tawarkan juga kemudahan dalam transaksi dan pengiriman, di sinilah anda dapat bekerja sama dengan perusahaan ekspedisi buat menekan pengeluaran.

Strategi omnichannel miliki keunggulan dalam dunia internet marketing. Salah satunya yaitu dari segi pemasaran maupun penjualan dapat terintegrasi dengan baik dan tanpa putus. Jadi tidak mengherankan jika strategi ini mampu tingkatkan engagement kepada konsumen sebesar 89 persen dalam penelitian yang dilakukan sama Invesp.

Bangun branding yang kuat

Coba anda pikir lagi, dari mana orang mengenal bisnis kamu? Apa yang membuat bisnismu beda sama yang lainnya? Dalam dunia internet marketing, dubutuhkan adanya branding untuk menjawab pertanyaan itu. Branding sendiri tidak lain ialah suatu usaha yang anda lakukan buat kenalkan bisnis kepada dunia luar. Terlebih dalam internet marketing, persaingan bisnis pun begitu ketat.

Penting untuk anda bangun branding yang menarik melalui media sosial atau website. Satu hal yang butuh dihindari dalam lakukan branding ialah tonjolkan keunggulan bisnis.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *