Pentingnya Web Hosting Untuk Pengembangan Bisnis

Mengembangkan bisnis memang bukan perkara mudah. Seiring dengan perkembangan teknologi dan zaman, tren-tren bisnis terus berubah dari waktu ke waktu. Pada era digital ini, orang-orang tidak lagi Cuma terpaku pada tayangan televisi. Mengiklankan produk maupun jasa Anda pada televisi mungkin tidak seefektif dulu. Begitu juga sama papan-papan baliho pada pinggir jalan raya. Saat seorang berpergian dengan kendaraan umum misalnya, ia kemungkinan besar lagi asyik menatap layar gadget, entah itu tablet atau smartphone.

Lalu, gimana Anda para pebisnis jawab tantangan ini? Ada banyak cara memang. Salah satunya yang sangat krusial ialah website dengan hosting dan domain sendiri. Kenapa? Mari kenali lebih dulu apa itu web hosting dan pelajari untung memilikinya buat bisnis Anda!

Apa Itu Web Hosting?

Web hosting ialah layanan yang disiapkan sama penyedia buat organisasi maupun individu biar dapat jalankan websitenya di internet. Web host ialah istilah yang sering diterapkan buat penyedia layanannya.

Cara kerjanya, sederhananya ialah website dihosting atau disimpan pada suatu komputer khusus yang disebut sebagai server. Maka, saat para pengguna internet mau kunjungi website Anda, pada hosting inilah yang mungkinkan mereka buat akses website. Pengguna itu dapat mengetikkan alamat website atau domain Anda di browser mereka. Nah barulah kemudian permintaan akses dihubungkan lalui jaringan ke server Anda dan website Anda dapat ditampilkan ke pengguna.

Hampir seluruh provider atau penyedia jasa hosting haruskan Anda buat punya domain biar dapat mereka host. Kalau Anda belum pikirkan alamat website atau domain Anda, provider umumnya tawarkan pembelian domain. Namun jangan khawatir, daripada membayar lagi, cobalah cari domain gratis yang disediakan.

Kenapa sih mesti ada domain? Sederhananya, domain ini ialah alamat rumah Anda. Orang-orang bakal kesusahan kunjungi rumah Anda jika tidak ada alamat rumah yang jelas. Nama domain biasanya diikuti sama ekstensi domain tertentu semacam .com, .id, dan sebagainya. Silakan Anda baca panduan domain berikut ini!

Tips Memilih Nama Domain Yang Tepat

Mengapa Anda Perlu Web Hosting?

Sebelum kita membahas secara teknis soal kenapa Anda perlu gunakan web hosting, mari simak cerita singkat dari seorang content creator Huffington Post , Greg Narayan. Greg menyatakan pada tahun 2011, temannya menjalankan suatu website dengan niche bagus. Saat Greg menanyakan kenapa kawannya itu tidak membayar buat web hosting, kawannya merasa tidak butuh itu. Tapi pada akhirnya mereka sama-sama menyadari adanya ketidakstabilan sebab hal teknis dari website yang gratisan. Kondisi back-end yang kurang ok, website sering crash dan lain sebagainya. Ini semua membuat customer kawannya marah-marah dan enggan bertransaksi lagi.

Hal itu memang kelihatan sepele, Anda mungkin juga berpikir bisnis Anda belum terlalu perlu web hosting sebab belum besar. Namun, kami rasa seluruh pebisnis setuju kalau visi mereka mau lebih besar dari sekadar menjalankan bisnis, mereka mau bisnisnya hasilkan untung dan melipat gandakan untung itu juga.

Maka intinya, ada tiga poin begitu penting yang menjadi urgensi dari website hosting Anda:
Anda Peroleh Kepercayaan Pasar

Sekali lagi, berjualan di media sosial mungkin sudah biasa. Namun , ada banyak sekali penipu di luar sana yang ditakuti sama calon pelanggan Anda. Saat mereka temukan website Anda dan melihat representasi bisnis Anda dengan jelas dan melihat kredibilitas atau profesionalitas Anda dari domain sendiri, mereka tentu tidak ragu lakukan transaksi. Apalagi kini, di tengah-tengah banyaknya peretas dan scammer. Mereka mau website yang secure. Jika http:// dapat jadi transaksi yang mereka lakukan pada website Anda lagi dialihkan pada pencurian identitas kartu kredit dsb.

Baca juga : dirikan toko online dengan instan

Anda Punya Kontrol Penuh Atas Bisnis Anda

Dengan gunakan CMS gratisan semacam Tumblr, WordPress gratis, dan Blogpost gratis, Anda jadi terbatas ruang geraknya. Anda tentu mesti setuju bakal semua ketentuan mereka (terms) yang sewaktu-waktu bisa berubah. Anda juga tidak dapat kustomisasi sembarangan. Dengan menyewa hosting, Anda dapat atur seluruh aspek website Anda sesuai kepentingan bisnis.

Bisnis Anda Aman

Provider hosting profesional pasti utamakan aspek keamanan pada setiap layanannya. Kami sendiri mengutamakan aspek itu. Kami menyadari peretasan kian marak terjadi dan skill peretas makin baik seiring perkembangan teknologi dan pertumbuhan jenis Malware. Maka Anda tidak butuh khawatir data atau transaksi atau website Anda tidak aman.

Tipe-tipe Web Hosting Indonesia

Kalau Anda setuju kalau web hosting krusial buat pengembangan bisnis Anda, Anda mungkin bakal mulai berpikir buat cari apa saja pilihan hosting yang tersedia buat Anda. Tentu pilihan Anda nanti bakal disesuaikan tergantung pada beberapa faktor penting. Kami bakal jelaskannya nanti. Sebelumnya, mari kenali lebih dulu tipe-tipe hosting yang ada!

Shared Hosting

Shared hosting ini jadi pilihan hosting yang sangat murah. Kalau Anda gunakan shared hosting, berarti Anda sewa suatu ruang server dengan puluhan atau bahkan ratusan website lainnya. Maka, sumber daya di server tunggal itu di kasihkan buat seluruh website yang ada dalam server tertentu.

Memang shared hosting ini cocok buat para pemula yang baru memulai online. Kenapa ? sebab hanya perlu pengetahuan teknis seadanya dalam jalankannya. Namun perlu diingat, shared hosting ini hanya kuat buat hosting suatu website yang jumlah web traffic-nya rendah. Giaman jika Anda terima banyak pengunjung yang mau bertransaksi di website Anda? Website dapat saja gagal loading atau bahkan offline. Maka jika Anda pebisnis, hindarilah jenis hosting satu ini. Hosting ini mungkin tepat buat para blogger pemula yang baru mulai blogging, atau sekadar blogging sebagai jurnal pribadi.

Cloud Hosting

Cloud hosting ini ialah teknologi termutakhir yang menjadi solusi dari masalah pada Shared hosting. Maka, Anda tidak perlu khawatir terjadi crash seandainya web traffic Anda melimpah. Server sanggup memuat website, distribusikannya dari sejumlah server yang beda. Cloud hosting ini dapat dikatakan fleksibel dan cocok untuk website bisnis yang tujuannya meraih pengunjung banyak atau bahkan pasar global.

VPS Hosting

VPS hosting ini bekerja dengan cara yang beda dari jenis-jenis yang sebelumnya sudah disebutkan. Setia servernya dibagi lagi menjadi server individual/khusus. Maka kalau pada server umumnya, server dibagikan dayanya pada berapa website lainnya, ini juga sama. Perbedaannya terletak pada jumlah yang jauh lebih kecil dibanding shared hosting. Perlakuannya privat. VPS bisa jadi pilihan bagus untuk Anda yang perlu lebih banyak kontrol maupun sumber daya server namun tidak ingin berinvestasi mahal di jenis hosting Dedicated (berikutnya akan dijelaskan).

Dedicated Server Hosting

Dedicated Server Hosting kasihkan Anda kontrol penuh dan penyesuaian yang sesuka Anda. Website Anda jadi satu-satunya website yang tersimpan pada satu server. Hal ini tentu dapat kasih Anda akses bebas pada sumber daya server dan kinerja website Anda jadi lebih bagus secara keseluruhan. Namun memang harganya mahal sekali, biasa digunakan buat korporat yang sudah beroperasi benar-benar global dengan web traffic berjumlah begitu besar.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *